Cara membuat rumus amplop honor

Cara membuat rumus amplop honor di Excel

Cara membuat rumus amplop honor secara otomatis menggunakan rumus Vlookup dan terbilang macro yang sangat sederhana dan mudah dilakukan oleh siapapun. Pada setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh Instansi dan Lembaga Pemerintah seperti pelatihan, diklat, sosialisasi dan lain sebagainya, peserta yang ditugaskan tersebut diberikan uang transport dan uang uang saku yang dibebankan pada anggarkan APBN.

Dalam setiap kegiatan peserta mendapatkan haknya sesuai dengan ketentuan yang berlaku, setiap anggaran pemerintah yang dikeluarkan harus melampirkan bukti tanda terima berupa daftar terima uang harian atau transport dan pihak pelaksana menyerahkan uang yang sudah di masukkan kedalam amplop, besaran uang yang di terima oleh peserta harus dirincikan di amplop termasuk pemotongan pajak agar terhindar dari kesalah pahaman penerima. Untuk peserta pegawai negeri sipil atau aparatur sipil negara memiliki jenjang pangkat dan golongan yang pajak penghasilannya berbeda beda, dengan bedanya pajak penghasilan maka berbeda juga anggaran yang diterimanya, untuk memudahkan pemotongan pajak dan transport yang berbeda kita harus membuat rumus supaya tidak terjadi kesalahan.

Semua rincian yang diterima di ketik di amplop supaya peserta mengetahui jumlah yang diterima dan kewajibannya membayar pajak kepada pemerintah dengan menyebutkan nominalnya dalam bentuk terbilang, kalau belum ada rumus terbilang klik disini cara membuat rumus terbilang. Untuk kelancaran dan menghindari kesalahan ada trik dan cara mudah membuat amplop honor di Excel dengan menggunakan rumus VLOOKUP, kita tidak perlu lagi membuat daftar khusus untuk print amplop, cukup dengan mengambil data dari daftar penerimaan uang transport dan uang saku.

Langkah – langkahnya sebagai berikut

Siapkan tiga sheet di excel yang terdiri dari sheet daftar transport, sheet daftar uang harian dan satu lagi sheet format amplop, sebagai contoh buat sheet daftar transport dan uang harian seperti gambar berikut ini.

Rumus ApmlopSetelah membuat daftar tanda terima selanjutnya membuat format Amplop untuk pengisian rumus dan membuat kolom tempat cetak nomor untuk memanggil data sesuai dengan nomor di daftar penerimaan uang transport dan daftar penerimaan uang harian, klik Page Break Preview di sudut kanan bawah dan setting area print untuk menampilkan format amplop saja, berikut contoh formatnya.

Rumus Amplop

Tahapan terakhir yaitu mengisi rumus di kolom cell berikut:

Di kolom E8 ketik rumus =IF(VLOOKUP(I4;’Uang Saku’!A3:I10;2)<>0;VLOOKUP(I4;’Uang Saku’!A3:I10;2);””)

Di kolom E9 ketik rumus =IF(VLOOKUP(I4;’Uang Saku’!A3:I10;3)<>0;VLOOKUP(I4;’Uang Saku’!A3:I10;3);””)

Di kolom E10 ketik rumus =IF(VLOOKUP(I4;’Uang Saku’!A3:I10;4)<>0;VLOOKUP(I4;’Uang Saku’!A3:I10;4);””)

Di kolom F13 ketik rumus =IF(VLOOKUP(I4;Transport!$A$4:$G$8;7;0)<>0;VLOOKUP(I4;Transport!$A$4:$G$8;7;0);””)

Di kolom F14 ketik rumus =IF(VLOOKUP(I4;’Uang Saku’!$A$5:$I$9;7;0)<>0;VLOOKUP(I4;’Uang Saku’!$A$5:$I$9;7;0);””)

Di kolom F15 ketik rumus =SUM(F13:F14)

Di kolomĀ F16 ketik rumus =IF(VLOOKUP(I4;’Uang Saku’!$A$5:$I$9;8;0)<>0;VLOOKUP(I4;’Uang Saku’!$A$5:$I$9;8;0);””)

Di kolom F17 ketik rumus =F15-F16

Di kolom D18 ini adalah kolom terbilang ketik rumus =PROPER(terbilang(F17)&” rupiah”)

Amplop Honor siap di Print sesuai dengan nomor urut peserta, ketik nomor selanjutnya di kolom cetak nomor pada kolom I4, selamat mencoba semoga bermamfaat.