Cara Membuat Rumus Foto di Excel

Cara Membuat rumus Foto di Excel hampir sama dengan menggunakan fungsi Vlookup maupun Hlookup. Yaitu sama menarik data berdasarkan kolom cell. Yang membedakan Cuma format karena foto bukanlah text yang dapat difungsikan seperti vlookup maupun hlookup atau formula lainnya.

Penggunaan format rumus foto tersebut sering digunakan pada data yang menampilkan foto disertai indentitas. Contohnya Sertifikat, kartu peserta kegiatan atau pengenal lainnya. Dengan memfungsikan rumus ini membuat data itu benar 100%.

Jika foto menggunan proses secara manual itu sering kali terjadi kesalahan pada saat mencetak di formatnya. Menampikan format sejumlah data tidak masalah tapi akan membuat volume file tersebut membengkak karena pengaruh image dalam file tersebut. Kesulitan lain adalah pada saat mencetak yang datanya menggunakan Vlookup atau Hlookup. Itu sangatlah repot, harus copy paste foto setiap hendak mencetak dengan indentitas yang berbeda.

Begini caranya Membuat rumus foto di Excel atau menampilkan secara otomatis di Excel

Langkah awal adalah dengan membuat format table data yang disertakan dengan kolom pasfoto. Contoh dibawah ini cuma menampilkan lima kolom data saja biar tidak terlalu panjang, berinama sheet misalnya DATA.

Untuk ukuran baris dan kolom pada kolom foto di atur sesuai ukuran paspoto yang di inginkan. Tapi tidak boleh melebihi table (contoh di gambar fotonya pas posisi di tengan, tidak sampai kenak garis table). Kenapa demikian, karena ukuran cell di kolom E mempengaruhi betuk foto di kartu yang akan di cetak nanti. Sedangkan untuk kolom lainnya disesuaikan saja dengan isi text.

Contoh tabel foto

Tahap selanjutnya adalah membuat table output berupa kartu peserta yang akan di cetak nanti. Setting formatnya sesuai keinginan anda pada file yang sama di sheet2. Kolom kosong di C2 itu nanti ditampilkan foto.

Kartu Pengenal
Membuat Rumus Data

Membuat rumus data di sheet2 pada gambar di atas kita isi rumus Vlookup di kolom B3, B4 dan B5. Sedangkan kolom B2 itu nomor di isi secara manual untuk menampilkan data peserta. Kalau menampilkan data berikutnya cukup ketik urutan selanjutnya nanti.
Rumus yang di isi pada kolom B3, B4 dan B5 sebagai berikut:
Rumus pada kolom B3:
=VLOOKUP(B2;Data!$A$2:$D$6;2;0)
Rumus pada kolom B4:
“”&TEXT(VLOOKUP(B2;Data!$A$2:$D$6;3);”dd mmmm yyyy”)
Rumus pada kolom B5:
=VLOOKUP(B2;Data!$A$2:$D$6;4;0)
Catatan untuk kolom B4, jika data error pastikan settingan waktu dan tanggal pada laptop atau PC anda format Indonesia.

Rumus Untuk Menampilkan PasFoto

Selanjutnya membuat rumus untuk menampilkan gambar.
Pertama yang harus dilakukan adalah meletakkan mouse di kolom E2 pada Sheet Data. Jangan klik foto, tapi klik kolom cell nya.
Kemudian Copy
Selanjutnya klik pada kolom C2 pada sheet2
Pilih Menu Paste dan klik Linked Picture. Jika sudah atur posisi foto di tengah2 kolom dan rapikan.

Rumus Vlookup

Itu tahap pertama, selanjutnya menampilkan gambar menggunakan rumus. Untuk bisa munculkan gambar menggunakan menu NAME MANAGER.
Klik pada gambar tadi.
Kemudian Klik NAME MANAGER yang terletak di menu BAR > FORMULAS > NAME MANAGER, atau cara cepatnya tekan langsung Ctrl+F3.

Di Form Name Manager Klik New

Format Rumus

Pada kolom Name ketik FOTO
Pada kolom Refers to hapus tulisan =”Picture 20″
Ketik =INDEX(
Kemudian klik sheet DATA
Letakkan mouse di kolom E2. Blok Mulai dari kolom foto pertama (jangan klik foto, tapi kolom cell di foto tersebut) blok sampai kolom foto terakhir.
Ketik ;MATCH(
Klik kolom B1 di Sheet2 (kolom B1 itu kolom pengetikan nomor data untuk menampilkan data perorangan)
Ketik tanda baca titik koma ;
Klik dan blok kolom dari nomor urut pada kolom A2 sampai dengan kolom terakhir A6
Selanjutnya ketik tanda tutup kurung 2x )) ENTER
Pada formula yg kolom warna merah di gambar hapus Data!$E$2 ketik =FOTO kemudian ENTER

Cara Membuat Rumus Foto di Excel
kContoh kartu pengenal

Dibawah ini hasil formula tadi untuk menampilkan foto tersebut
=INDEX(Data!$E$2:$E$6;MATCH(Kartu!$B$2;Data!$A$2:$A$6))
Ketik saja rumus itu jika kebingungan dengan tutorial diatas dalam memasang rumus pasfoto. Usakan posisi data sama seperti di gambar.

Untuk menampilkan data selanjutnya ketik nomor berikutnya di kolom B2. Semoga bermamfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published.