Cara Membuat Rumus Vlookup

Fungsi Vlookup

Rumus VLOOKUP Excel di fungsikan untuk mencari data atau menemukan nilai. Nilai tersebut ditampilkan pada cell lain yang sesuai dengan nilai yang dicari. Vlookup menampilkan data cell secara baris vertikal dalam satu data dokumen sumber di Excel, baik berupa text atau nomor. Intinya mencari data pada kolom cell yang akan ditautkan.

Rumus Vlookup banyak digunakan oleh semua kalangan dalam mengolah data di Mcrosoft Office Excel. Data dengan berbagai kriteria dapat dimunculkan secara otomatis. Cukup satu rumus yang dibuat kemudian copy dan paste pada kolom cell lainnya.

Rumus Vlookup sering digunakan seperti untuk membuat Daftar Hadir, Kwitansi Pembayaran, Data Sertifikat Kegiatan, Amplop Honor, Daftar Barang dan banyak data lainnya.

Cara Membuat Rumus Vlookup di Excel

Siapkan sebuah file data pada Excel dengan dua sheet, sheet1 membuat tabel data sedangkan sheet dua bukti pembelian. Pada sheet1 saya ganti nama sebagai Data dan sheet2 namanya bebas, gambar berikut ini sebagai contoh lembar bukti pembelian.

Rumus Vlookup

Dari gambar tersebut kita akan mengisi rumus pada gambar kedua yaitu lembar bukti pembelian. Untuk gambar nomor satu hanya pengisian data pembeli saja.

Rumus Vlookup yang akan di isi yaitu pada cell N3, F5, F9, dan F11. Sedangkan cell F3 isi nomor secara manual sesuai nomor pada sheet data untuk memanggil data yang akan ditampilkan. Dan untuk F7 menggunakan Rumus Terbilang, silahkan baca artikel sebelumnya tentang Cara Membuat Rumus Terbilang.

Setelah membuat data seperti gambar nomor satu maka kita akan mengisi data sebagai pada cell berikut:

  • Di cell F3 ketik nomor data seperti nomor di sheet data, misalnya seperti contoh  10001
  • Ketik rumus di cell N3 =VLOOKUP(F3;Data!A3:Data!E7;3)
  • Ketik rumus di cell F5 =VLOOKUP(F3;Data!A3:Data!E7;2)
  • Ketik rumus di cell F9 =VLOOKUP(F3;Data!A3:Data!E7;5)
  • Ketik rumus di cell F11 =VLOOKUP(F3;Data!A3:Data!E7;4)

Semua rumus tersebut sama yang membedakan hanya colom indek yaitu nilai terakhir. Nilai terakhir tersebut berasal dari kolom cell pada sheet data sesuai dengan uraian di sheet2.

Data!A3:Data!E7 merupakan link dari sheet Data mulai dari Row 4 sampai dengan Row 7. Jika ada penambahan data dan rumus sudah diisi seperti contoh di atas maka pada sheet data Insert sebelum row 7. Atau Data!E7 di rumus ganti menjadi Data!E nomor row paling akhir, kolom nomor terakhir di sheet data.

Sedangkan untuk rumus pada cell F7 ketik =PROPER(terbilang(F11)&” rupiah”)

Jika sudah ada rumus macro terbilang di komputer anda maka akan langsung keluar jumlah terbilang. Jika belum ada silahkan baca petunjuk membuat Rumus Terbilang Disini. Hasil dari rumus tadi seperti gambar di bawah ini.

Rumus Vlookup

Demikian cara membuat rumus vlookup semoga bermamfaat. Terima kasih

Nonton melalui video youtube Cara Membuat Rumus Vlookup