Cara Menampilkan Jenis Kelamin Dari Nip PNS

Menampilkan Jenis Kelamin dari Nip PNS/ASN di Excel

Pada artikel sebelumnya menjelaskan Cara Menampilkan Tanggal Lahir Dari Nip PNS. Untuk artikel ini kita akan membuat rumus Cara Menampilkan Jenis Kelamin Dari Nip PNS juga. Masih menggunakan format data yang sama dengan sebelumnya.

Seperti bahasan sebelumnya pada Nip pegawai terdapat beberapa digit nomor salah satunya terdapat kode jenis kelamin seorang pegawai. Kita kadang kala lupa akan yang demikian, padahal dengan adanya kode tersebut kita dapat menggunakan untuk segala hal yang berkaitan.  Karena tidak semua bisa kita kenali dari nama jika tidak melihat datanya atau foto dia. Sebab nama bisa saja mirip dengan lawan jenis.

Terkait dengan jenis kelamin yang terdapat dalam Nip PNS pada empat digit terakhir kita gunakan untuk menginput data disebuah daftar. Format rumus hampir sama dengan tanggal lahir sebulumnya malah lebih mudah untuk format jenis kelamin ini.

Cara Membuat Rumus Jenis Kelamin di Excel dari NIP PNS

Siapkan sebuah data yang ada nip pegawai di excel. Gambar dibawah ini sebagai contoh:

Menampilkan Jenis Kelamin dari Nip PNS

Pada data ini rumus di isi pada kolom F. Cukup satu format rumus yang di buat, untuk selanjutnya copy paste.

Ketik rumus berikut dikolom F3 berdasarkan contoh gambar.

=CONCATENATE(IF(MID(C3;17;1)=”1″;”Laki-Laki”;IF(MID(C3;17;1)=”2″;”Perempuan”;)))

Pada nama kelamin silahkan di isi sesuai keinginan masing-masing. Jika Nip yang diketik betul maka jenis kelamin orang di data kita tidak akan salah. Hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Menampilkan Jenis Kelamin dari Nip PNS

Fungsi CONCATENATE dan MID silahkan lihat artikel sebelumnya.
Sedangkan fungsi IF merupakan sesuatu yang menyatakan data itu Benar. Menampilkan data yang benar, atau menampilkan sebuah data yang lain yaitu sebaliknya. Fungsi IF memungkinkan Anda untuk membuat perbandingan logis antara nilai dan apa yang Anda harapkan. Dalam bentuk yang paling sederhana. Jadi pernyataan IF dapat memiliki dua hasil. Hasil pertama adalah jika perbandingan Anda adalah Benar, kedua jika dibandingkan Anda adalah False. Baca selengkapnya FUNGSI IF DI SINI

Demikian tutorial Rumus Excel semoga berguna buat semua.

Nonton melalui Youtube