Cara Menggabungkan Tempat dan Tanggal Lahir

Menggabungkan Tempat dan Tanggal Lahir di Excel

Cara menggabungkan tempat lahir dan tanggal lahir dalam satu cell. Sering kita menginput data yang berkaitan dengan data kelahiran sudah pasti di satukan kedua data tersebut. Jika kita menginput banyak data seperti data pegawai untuk biodata itu kelamaan. Karena tanggal lahir bisa diambil dari NIP PNS tidak perlu ketik lagi.

Dengan membuat rumus tanggal lahir dari Nip PNS tidak perlu lagi ketik manual tanggal lahirnya. Yang perlu di buat tabel hanya untuk mengetik tempat lahir saja. Nanti di format Biodata atau data lainnya hanya cukup memasang rumus untuk menggabungan kedua data tersebut.

Rumus yang di gunakan

Sebelumnya siapkan sebuah tabel data induk untuk yang menampilkan tempat lahir dan tanggal lahir, seperti contoh.

Tempat lahir dan Tanggal Lahir

Seperti yang terlihat pada gambar yang diketik manual hanya tempat lahir, sedangkan tanggal lahir diambil dari NIP menggunakan rumus. Selanjutnya menyiapkan format biodata.

Tempat lahir dan Tanggal Lahir

Gambar tersebut sebagai contoh biodata, rumus akan di isi pada kolom cell D15. Di kolom G10 terdapat nomor urut, nomor urut tersebut untuk memanggil data sesuai indentitas yang di isi pada sheet data. Rumus yan digunakan adala VLOOKUP dan TEXT, yang menggabungkan text dengan angka dan menggunakan format tanggal bulan dan tahun.

Ketik rumus di cell D15 sebagai berikut:

=VLOOKUP($G$13;DATA!A3:$O$22;4)&”, “&TEXT(VLOOKUP($G$13;DATA!A3:$O$22;5);”dd mmmm yyyy”)

Memanggil data secara Vertikal berdasarkan sumber pada sheet data. Baca juga fungsi Rumus Vlookup lainnya.

Tempat lahir dan Tanggal Lahir

Ada rumus satu lagi yang dapat digunakan yaitu dengan memanggil tempat lahir dari sheet data. Kemudian tanggal lahir diambil dari NIP yang terletak pada kolom D14 seperti gambar di atas. Nip tersebut menampilkannya menggunakan Rumus Vlookup juga.

Rumus yang kedua ini menggunakan beberapa fungsi selain Vlookup dan TEXT yaitu fungsi CONCATENATE, MID dan LEFT. Silahkan baca fungsi lengkapnya di SINI.

Ketik rumus berikut di cell yang sama yaitu cell pada kolom D15, tidak menggunakan spasi.

=CONCATENATE(VLOOKUP($G$13;DATA!A3:$O$22;4);”, “;TEXT(CONCATENATE(MID(D14;7;2);”/”;MID(D14;5;2);”/”;LEFT(D14;4));”[$-421]dd-mm-yyyy”))

Silahkan di coba dan bisa di praktekkan kedua rumus tersebut. Terima kasih semoga bermamfaat.

Nonton melalui Youtube