Cara meranking nilai dengan Icon Sets

Meranking nilai dengan icon sets untuk menampilkan nilai tertinggi, menengah atau paling rendah berdasarkan icon. Cara ini sangat mudah dilakukan untuk menyajikan laporan data agar dapat dipahami oleh semua kalangan.

Set ikon adalah jenis Conditional Formatting yang unik dimana suatu pilihan data dapat diberi label dengan ikon berdasarkan kondisi tertentu. Icon Sets pada menu Conditional Formatting ini memiliki empat icon utama dengan warn yang berbeda – beda.

4 Icon default

Ini 4 Icon default yang dapat digunakan untuk menampilkan nilai atau persentase tertinggi atau terendah, yaitu:

  1. DIRECTIONAL bebentuk arah. Terdiri dari warna hijau, kuning, merah dan hitam dengan bentuk 3, 4, 5 tanda panah dan 3 bentuk segi tiga.
  2. SHAPES berbentuk lampu lalu lintas dengan empat warna, merah, hijau, kuning dan hitam.
  3. INDICATORS dalam bentuk simbols dan bendera dengan 3 warna.
  4. RATINGS terdapat 4 type terdiri dari Bintang, Quarters, Kotak dan Rating.

Semua icon tersebut sangat unik dan menarik untuk digunakan sesuai dengan data yang anda sajikan. Lihat 4 type icon pada gambar dibawah ini.

Cara menggunakan Icon Sets pada Conditional Formatting.

Di bawah ini ada beberapa kolom data yang menampilkan nilai dengan kriteria yang berbeda, nilai paling tinggi, menengah dan terendah. Mari jelajahi menggunakan Conditional Formatting dengan kumpulan ikon untuk menyoroti nilai dalam tabel.

Seperti format kondisional lainnya, Excel akan membuat preview langsung setiap opsi pada lembar kerja. Sebelumnya siapkan beberapa data, selanjutnya blok 1 kolom data yang dimaksud klik Conditional Formatting di menu Ribbon tab Home.

Silahkan pilih empat bentuk menu seperti gambar di bawah ini yang sesuai dengan keinginan anda.

Cara meranking nilai dengan Icon Sets

Sebagai contoh data pada gambar di bawah ini hasil dari empat ikon yang dipilih tersebut.

Cara meranking nilai dengan Icon Sets

 

Keterangan ikon, Excel akan menetapkan ikon dengan membagi nilai menjadi tiga pertiga – ikon pertama diberi nilai sepertiga teratas. Ikon kedua diberi nilai sepertiga kedua, dan ikon ketiga ditugaskan ke ikon terendah sepertiga nilai.

Jika kita beralih ke empat set ikon, kita akan melihat bahwa ikon ditugaskan dengan kecepatan 25 persen. Dan jika kita beralih ke satu set lima ikon, tugasnya akan bertambah 20 persen. Perhatikan hanya ada dua pilihan untuk operator: lebih besar dari, atau lebih kurang dari atau sama dengan.

Untuk mengembalikan ke halaman default silahkan klik Conditional Formatting kemudian klik Clear Rules. Jika ingin menghapus icon yang terpilih blok dulu kolom yang dimaksud kemudian klik Clear Rules from Selected Cells. Sedangkan menu Clear Rules from Entire Sheet menghapus semua icon secara keseluruhan. Selamat mencoba semoga bermamfaat.

(baca juga fungsi  Conditional Formatting)

Add a Comment

Your email address will not be published.