Cara merubah angka menjadi Huruf Romawi

Merubah angka menjadi huruf romawi biasanya pada nomor surat. Proses penomoran pada surat ada beberapa format yang salah satunya mengandung angka romawi berdasarkan bulan pada tanggal surat. Untuk menampilkan angka ke huruf romawi harus menggunakan Fungsi ROMAN.

Menggunakan fungsi tersebut dapat mengurangi kesalahan dalam penulisan angka romawi berdasarkan tanggal surat. Ada baiknya jika sering mengetik surat dan membuat kontrak atau berita acara dengan excel menggunakan rumus Roman.

Buatlah sebuah tabel pada sheet lain dengan data yang diinginkan, bisa juga menggunakan rumus Vlookup. Baca fungsi rumus VLOOKUP lengkap dengan contoh.

Cara merubah angka menjadi Huruf Romawi

Untuk merubah angka ke romawi pada penomoran surat seperti (nomor surat/kode kantor/IV/2017). Huruf IV (empat romawi) merupakan angka romawi berdasarkan bulan pada tanggal surat.

Lihat tabel dibawah ini untuk dijadikan pedoman. Dalam tabel berikut terdiri dari Nomor Surat, Kode Kantor dan Tanggal. Contoh penggunaan format pada surat tersebut sebagai berikut:

Angka menjadi Romawi

Pada gambar tersebut nomor surat dicontohkan untuk tiga surat dengan tiga kode kantor. Rumusnya di isi pada kolom D2 sampai dengan D3. Rumus dikolom D2 sebagai berikut:

=”B-“&TEXT(A2;”0″)&”/”&B2&”/”&ROMAN(TEXT(C2;”mm”);0)&”/”&TEXT(C2;”yyyy”)

Keterangan Rumus

“B-” merupakan kode surat biasa, diketik secara manual tanpa ada rumus.

&TEXT(A2;”0″)& mengambil data nomor pada kolom A2 dalam bentuk teks.

“/” garis miring sebagai pemisah dalam format nomor surat, diketik secara manual tanpa ada rumus.

&B2& untuk menampilkan kode kantor.

&ROMAN(TEXT(C2;”mm”);0)& untuk menampilkan bulan pada kolom C2 dalam bentuk teks dengan format roman. Kode “mm” sebagai format menampilkan bulan dalam bentuk angka, sedangkan “mmmm” dalam bentuk kata. Pada format Roman tersebut harus dalam bentuk “mm” sebagai angka yang akan berunah ke romawi.

&TEXT(C2;”yyyy”) untuk menampilkan tahun di akhir nomor surat.

Jika surat diketik di excel tanpa ada tabel nomor dan tabel kode kantor cukup diketik manual saja seperti berikut:

=”B-101/KD.1″&”/”&ROMAN(TEXT(C2;”mm”);0)&”/”&TEXT(C2;”yyyy”)

Dari rumus di atas hanya satu formula digunakan yaitu untuk menampilkan bulan dan tahun saja pada kolom C2.

Add a Comment

Your email address will not be published.