Fungsi CONCATENATE Excel

Fungsi Concatenate Excel merupakan salah satu fungsi teks, yaitu untuk menggabungkan dengan dua atau lebih string teks menjadi satu string. Menggabungkan beberapa kata kedalam satu cell. Concatenate ini bisa juga menggabungkan text dengan angka, seperti menggabungkan tempat dan tanggal lahir. Contoh penggabungan tempat dan tanggal lahir bisa baca artikel sebelumnya yaitu Cara Membuat Rumus Biodata, dan menggabungkan Tempat Tanggal Lahir.

Contoh lain gabungan beberapa text yang mengandung Fungsi IF di satu cell, baca fungsi IF. Penggabungan beberapa kata untuk menampilkkan data yang benar jika sama dengan data di cell sumber. Contoh penggunaan rumus silahkan baca Cara Membuat Rumus Pangkat PNS.

Fungsi lainnya seperti menampilkan kata dari angka. Contoh menampilkan jenis kelamin berdasrkan nomor NIP pegawai. Pada urutan ke lima belas atau nomor empat terakhir Nip pegawai merupakan nomor untuk jenis kelamin. Untuk bisa mengambil nilai tersebut kedalam text harus menggunakan beberapa fungsi lain seperti IF dan MID. (silahkan baca cara Menampilkan Jenis Kelamin dari NIP PNS)

Penting untuk diketahui:

Dalam Excel 2016, Excel Mobile, dan Excel Online, fungsi ini telah diganti dengan fungsi CONCAT. Meskipun fungsi CONCATENATE masih tersedia untuk kompatibilitas, Anda harus mempertimbangkan menggunakan CONCAT dari sekarang. Hal ini karena CONCATENATE mungkin tidak tersedia di versi yang akan datang di Excel.

Format Fungsi Concatenate Excel

CONCATENATE (text1, [text2], …)
Sebagai contoh:

Fungsi CONCATENATE Excel

Pada kolom B2 tertulis Senin, C2 tertulis Satu dan D3 tertulis April

Hasil yang harus muncul adalah (Pada hari ini Senin Tanggal Satu Bulan April Tahun dua ribu enam belas)

Rumusnya sebagai berikut:
=CONCATENATE(“Pada hari ini “; B2; ” Tanggal “; C2; ” Bulan “;  D2; ” Tahun dua ribu enam belas”)

Deskripsi
Item pertama untuk menggabung, bisa untuk nilai teks, angka, atau referensi cell. Item teks tambahan untuk menggabungkan juga. Anda dapat memiliki hingga 255 item, hingga total 8192 karakter.

Tanda petik muncul dalam hasil string.
Gunakan petik dua untuk memisahkan item teks sebelah. Sebagai contoh: Excel akan menampilkan = CONCATENATE ( “Pada hari ini” Tanggal” Bulan”) sebagai Pada hari ini “Tanggal dengan tanda kutipan tambahan karena titik koma di antara argumen teks dihilangkan.

Menambahkan spasi setelah argumen Text. Misalnya: = CONCATENATE ( “Pada hari ini”; “Tanggal”) untuk memisahkan antara text pertama dengan text berikutnya.

Demikianlah beberapa fungsi Concatenate yang bisa dicontoh untuk panduan dalam membuat rumus, semoga bermamfaat.

Nonton Video terkait

Add a Comment

Your email address will not be published.