Fungsi F1 di Microsoft Excel

Micros0ft Office Excel yang merupakan sebuah program lembar kerja untuk mengolah data dengan bentuk baris dan kolom. Excel sangat mudah di jalankan bagi yang sudah berpengalaman. Namun ada juga yang kesulitan bagi sebagian orang sebab jarang menggunakannya karena belum mengetahui seperti fungsi F1 di excel.

Dengan perangkat yang sudah di bangun oleh Microsoft ini banyak hal yang bisa dilakukan dengan Microsoft Excel dan mudah menggunakannya. Mulai dari mengolah data menggunakan kalkulasi dengan formula yang serba lengkap setara aplikasi offline. Juga mudah dalam membuat grafik, bisa membuat surat menyurat seperti kontrak kerja dan lain sebagaimnya.

Fungsi F1 di Excel

Fungsi F1 di Excel maksudnya adalah fungsi tombol F1 yang ada di Keyboard pada saat menjalankan Microsoft Office Excel. Dalam artian lain mamfaat jika kita tekan F1 pada saat bekerja dengan Microsoft Office Excel.

(Baca juga Fungsi Ctrl plus Shift dan Alt di Excel di Keyboard)

Sebab menu di lembar kerja tersebut sangat banyak, kita jarang memamfaatkan karena ketidaktauan. Hanya beberapa saja yang sering digunakan, padahal semua menu tersebut berfungsi dan bisa kita gunakan demi kesempurnaan pekerjaan.

Di Microsoft Excel. Jika ada fitur yang tidak anda pahami cukup tekan F1 dengan mengarahkan mouse ke menu atau icon di Menu Bar. F1 di Excel merupakan bantuan atau petunjuk yang menampilkan fungsi dari suatu icon atau rumus.

Sedangkan untuk mengetahui fungsi sebuah rumus ketik = kemudian ketik type rumusnya lalu tekan F1 seperti formula berikut ini:

VLOOKUP, HLOOKUP, LEFT, RIGHT, MID, CONCATENATE, IF dan banyak lagi rumus lainnya.

Contoh Pertama pada fungsi Rumus Excel

Contoh pertama ini pada fungsi rumus. Di Excel banyak terdapat formula, tapi kita tidak mengetahui fungsinya untuk apa saja. Misalnya ingin mengetahui fungsi dari rumus VLOOKUP, ketik =vlookup kemudian tekan F1 di Keyboard, hasilnya sebagai berikut:

(Baca juga fungsi Rumus VLOOKUP & HLOOKUP)

Fungsi F1 di Excel

Excel akan menjelaskan semua fungsi dari formula tersebut dengan menampilkan contoh. Dari contoh tersebut anda dapat jadikan pedoman untuk mempraktekkannya.

Rumus yang ada di excel cukup banyak dengan beragam fungsi dan kegunaannya, hanya sekelompok orang yang mengetahui itu semua. Bagi yang awam sungguh sangat membatu semua orang dalam menyelesaikan semua pekerjaannya, excel memahami apa yang dibutuhkan oleh semua konsumen.

Contoh ke Dua fungsi dari menu Bar

Mencari fungsi dari menu Bar yang belum diketahui. Gambar berikut ini menampilkan bantuan excel pada icon menu di menu Bar seperti menu Conditional Formating.

Arahkan kursor pada menu yang belum anda ketahui, misalnya menu Conditional Formating. Dilayar langsung muncul keterangan fungsinya, jika belum mengerti tekan F1 di Keyboard seperti petunjuk (?) gambar.

Fungsi Ctrl plus Shift dan Alt di Excel

Pada menu tertentu Microsoft Office Excel akan menampilkan keterangan dari icon setelah anda arahkan kursor. Untuk lebih lengkap apa saja fungsi dari pencarian anda tekan F1 di Keyboard komputer/Laptop. Excel akan menjelaskan sedetailnya dengan menampilkan contoh-contoh dari fungsinya.

Contoh menu lain yang bisa menampilkan bantuan F1 antara lain adalah:

HOME : Wrap Text, Merge & Center, Format Painter, Fill Color dan Font Color.

INSERT : Table, Picture, Shapes, SmartArt, Screenshot, Hyperlink, Header & Footer, WoordArt, Signature Line dan Equation.

Page Layout : Themes, Colors, Fonts, Effects, Margins, Orienttation, Breaks, Background, Print Titles, Gridlines, Headings dan Align.

Formulas : Insert Fuction, Recently Used, Financial, Logical, Text, Date & Time, Lookup & Reference, Math & Trig, Name Manager, Define Name, Use in Formula, Trace Precedents, Trace Dependents, Remove Arrows, Show Formulas, Error Chexking, Watch Window dan Calculation Options.

Data : From Access, From Text, From Other Sources, Existing Connections, Sort, Filter, Text to Columns, Data Validation, Consolidate, Ungroup dan Subtotal.

Review : Protect Sheet, Protect Workbook, Protect and Share Workbook, Allow Users to Edit Rangers dan Track Changes.

View : Gridlines, Headings dan Macros.

Developer : Visual Basic, Macros, Macro Security, Design Mode, Properties dan View Code.

(Baca juga Fungsi Ctrl pada Keyboard untuk Excel, Cara membuat Catatan Peringatan di Excel)

Silahkan dicoba untuk mengetahuinya karena fasilitas yang sudah ada tersebut pasti semua berguna dalam praktek kerja kita sehari – hari. Semoga artikel ini bermamfaat, silahkan di SHARE.

Add a Comment

Your email address will not be published.