Fungsi HLOOKUP Excel

Fungsi HLOOKUP Excel persis sama seperti Fungsi VLOOKUP yang pernah di publish sebelumnya. Hlookup fungsinya yaitu mencari dimana nilai atau data dalam sebuah tabel secara Horizontal, dari kiri ke kanan. Sedangkan Vlookup mencari nilai atau data secara Vertical, dari atas kebawah. Fungsi tersebut merupakan salah satu fungsi yang banyak juga digunakan di excel dalam mengolah data sama seperti Vlookup. (Baca Fungsi Vlookup sebelumnya)

Fungsi ini sering digunakan untuk membuat data yang menampilkan banyak kriteria seperti membuat Biodata, (baca cara membuat Biodata). Gambaran data lain seperti membuat kontrak pekerjaan yang banyak item harus dimunculkan. Rumus ini termasuk mudah digunakan dan sama seperti rumus Vlookup.

Rumus Hlookup

Fungsi HLOOKUP Excel sebagai berikut:

HLOOKUP (lookup_value, table_array, row_index_num, “range_lookup”)

Maksudnya nilai yang akan ditemukan pada baris pertama dari tabel. Lookup_value dapat menjadi nilai, referensi, atau string teks.

Table_array : Letak sebuah data informasi yang akan ditampilkan, (nama range). Nilai-nilai pada baris pertama dari table_array dapat berupa teks, angka, atau nilai-nilai logis.

Row_index_num : merupakan Jumlah baris dalam table_array dari mana nilai yang sesuai akan dikembalikan.

Range_lookup : Sebuah nilai logis yang menentukan apakah Anda ingin HLOOKUP untuk menemukan yang sama persis atau pertandingan perkiraan. Jika TRUE atau dihilangkan. Dengan kata lain, jika yang sama persis tidak ditemukan, nilai terbesar berikutnya yang kurang dari lookup_value dikembalikan. Jika SALAH, HLOOKUP akan menemukan yang sama persis. Jika salah satu tidak ditemukan, nilai error # N / A dikembalikan.

Silahkan tonton VIDEO dibawah ini sebagai tutorial untuk menampilkan fungsi HLOOKUP berdasarkan artikel sebelumnya yaitu Cara Membuat Rumus Hlookup di Excel.

Demikian Fungsi VLOOKUP dan Tutorial penerapan fungsinya yang dapat di contoh semoga bermamfaat.

 

Add a Comment

Your email address will not be published.