Fungsi MID di Excel

Fungsi MID di Excel adalah untuk mengambil beberapa karakter tertentu dari string teks. Fungsi ini digunakan untuk mengambil beberapa angka atau kata dalam satu cell pada posisi tengah-tengah. Mulai dari posisi yang kita tentukan, berdasarkan jumlah karakter yang kita inginkan. Berikut ini beberapa contoh fungsi yang pernah saya lakukan dan sudah saya share sebelumnya.

MID ditujukan untuk penggunaan dengan bahasa yang menggunakan set karakter single-byte (SBCS). MID selalu menghitung masing-masing karakter, baik single atau double, seperti 1.

Rumus MID
=MID (teks, start_num, num_chars)

Berikut beberapa Fungsi MID

Teks yang dibutuhkan String teks berisi karakter yang ingin Anda ekstrak.
Start_num Diperlukan. Posisi karakter pertama yang ingin Anda ekstrak dalam teks. Karakter pertama dalam teks untuk mengambil num 1, dan seterusnya.
Num_chars disyaratkan Menentukan jumlah karakter yang ingin MID kembali dari teks.

Keterangan Start _num
Lebih besar dari panjang teks, MID returns “” (teks kosong).

Start_num kurang dari panjang teks, tapi start_num plus num_chars melebihi panjang teks, MID akan mengembalikan karakter sampai akhir teks.

Start_num kurang dari 1, MID mengembalikan #VALUE! Nilai kesalahan

Jika num_chars negatif, MID mengembalikan #VALUE! Nilai kesalahan

Contoh

=MID (B2,1,5)
Mengembalikan 5 karakter dari string di B2, dimulai dari karakter ke 1.

Contoh Menampilkan Tanggal Lahir dan Jenis Kelamin dari NIP PNS

Fungsi MID ini bisa digunakan untuk mengambil beberapa nomor pada NIP PNS. NIP PNS terdari dari tanggal bulan dan tahun lahir, tahun dan bulan pengangkatan sebagai pegawai dan terakhir nomor urut pengangkatan sebagai PNS. Banyak orang menggunakan fungsi tersebut dalam membuat sebuah data untuk menampilkan tanggal lahir dari NIP, tidak lagi diketik secara manual. Menggunakan fungsi MID bisa menampilkan tanggal lahir secara otomatis, juga menampilkan jenis kelamin dengan fungsi yang sama. (Baca cara MenampilkanTanggal Lahir dan Jenis Kelamin dari NIP PNS).

Penggabungan beberapa karakter

Fungsi MID hanya mengambil satu karakter atau lebih. Untuk menampilkan tanggal lahir dalam format dd/mm/yyyy dari NIP harus menambah beberapa fungsi lain seperti TEXT, CONCATENATE dan LEFT. Fungsi Text digunakan untuk menggabungkan nomor dengan text seperti slash (garis miring). Fungsi CONCATENATE untuk menggabungkan Rumus MID dan LEFT menjadi satu karakter. Sedangkan fungsi LEFT untuk mengambil karakter pada urutan yang pertama berdasarkan jumlah karakter yang Anda tentukan.

(Baca juga fungsi CONCATENATE, IF, VLOOKUP dan HLOOKUP)

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published.