Fungsi Rumus Right di Excel

Rumus Right di Excel berfungsi untuk mengambil beberapa karakter dari sebelah kanan berdasarkan jumlah karakter yang anda tentukan. Fungsi ini diperlukan jika anda ingin mengambil data baik dalam bentuk huruf maupun angka tanpa harus mengedit data aslinya.

Contohnya seperti lembar PDF yang di Convert ke Excel, jika terdapat nilai dalam bentuk mata uang rupiah misalnya Rp. 1.000.000. Rp bersama nilai satu juta tersebut sudah tergabung dalam satu kolom cell dengan format general atau format text.

Apabila kita mau mengambil nilai saja maka harus di edit dan menghapus Rp dan titik. Cara edit seperti itu akan merepotkan jika datanya banyak.

Solusinya adalah dengan menggunakan Fungsi RIGHT. Yaitu mengembalikan karakter atau karakter terakhir dalam string teks, berdasarkan jumlah karakter yang Anda tentukan.

Right ditujukan untuk penggunaan dengan bahasa yang menggunakan set karakter single-byte (SBCS). Pengaturan bahasa default pada komputer Anda mempengaruhi nilai pengembalian dengan cara berikut:

Selalu menghitung setiap karakter, baik single-byte atau double-byte, seperti 1, tidak peduli apa pengaturan bahasa defaultnya.

Bentuk Rumus Right

=RIGHT(teks, [num_chars])
Teks yang dibutuhkan String teks berisi karakter yang ingin Anda ekstrak.
Num_chars Opsional. Menentukan jumlah karakter yang Anda inginkan KANAN untuk diekstrak.

Keterangan
Num_chars harus lebih besar dari atau sama dengan nol.
Jika num_chars lebih besar dari pada panjang teks, Right mengembalikan semua teks.
Jika num_chars dihilangkan, diasumsikan 1.

Berikut ini contoh mengembalikan 6 angka dari 8 karakter yaitu pada nilai 24.436.500 dalam format Accounting titik tidak dihitung dan tidak terekam dalam nilai tersebut. Tapi kalau di PDF kan baru muncul titik jika di Convert ke Excel.

Fungsi Rumus Right di Excel

Hasil yang muncul untuk angka seperti pada kolom B:3. Sedangkan untuk huruf seperti pada kolom B:6

Hasil Convert PDF

Contoh yang ini hasil Convert PDF ke Excel, setiap nilai rupiah sudah pasti muncul Rp di awal, misalnya Rp.197.080.000. Nilai itu muncul dalam satu kolom dengan format text. Kita akan mengambil nilai 197080000 tanpa ada huruf Rp dan titik. Lihat gambar berikut:

Fungsi Rumus Right di Excel

“11” merupakan jumlah digit yang akan dimunculkan. Rumus pada kolom B:1 hasilnya seperti pada kolom B:2 yaitu nilai 197.080.000 juga kolom berikutnya.

Untuk nilai rupiah ini agak sedikit repot karena harus menghilangkan titik menggunakan Convert to Number seperti gambar di bawah ini. Kalau tidak di convert nilai tersebut tidak bisa di jumlah karena masih terekam dalam bentuk text.

Format itu masih dalam bentuk general, tidak bisa di jumlahkan karena terbaca text. Jika ingin rubah ke number caranya copy kolom B:2 sampai dengan kolom B:5 kemudian tekan Ctrl+Alt+V kemudian klik value. Klik tanda seru (!) kemudian pilih Convert to Number. (lihat Gambar).

Fungsi Rumus Right di Excel

Hasilnya text sudah berubah menjadi number, sudah bisa dijumlahkan tanpa ada koma. Jika ingin ditampilkan kedalam format rupiah bisa klik Accounting di menu number pada tab Home.

Untuk nilai pada kolom B:6 rubah rumus =RIGHT(A6;11) menjadi =RIGHT(A6;10) nilai 11 ke 10 agar tidak muncul titik di awal nomor, lakukan copy paste seperti sebelumnya.

(Baca juga fungsi Concatenate dan MID)

Selain untuk nomor rumus ini juga bisa digunakan dalam bentuk huruf, cuma banyak digunakan untuk nomor karena format nomor rata kanan.

Kalau dalam bentuf huruf sama juga seperti fungsi rumus Left. Baca fungsi rumus LEFT DISINI.

Silahkan di coba, semoga bermamfaat. Boleh di Share.

Add a Comment

Your email address will not be published.