Fungsi VLOOKUP Excel

Fungsi VLOOKUP Excel merupakan salah satu fungsi yang paling banyak digunakan di excel dalam mengolah data. Rumus Vlookup ini sangat mudah digunakan untuk semua type data, karena sistem fungsi untuk mencari dimana nilai atau data dalam sebuah tabel. Pencariannya berdasarkan baris pada kolom (baca contoh Rumus Vlookup).

Fungsi Vlookup ini sering digunakan untuk membuat data seperti data keuangan yang menampilkan beberapa tabel yang berbeda dengan satu data yang sama seperti Amplop Honor (baca cara membuat rumus amplop honor).

Juga banyak digunakan untuk membuat Sertifikat Kegiatan pada seminar atau pelatihan yang dihadiri oleh banyak peserta. Ada juga yang menggunakan untuk membuat Absen Hadir dan semua jenis Biodata.

Fungsi VLOOKUP Excel sebagai berikut:

=VLOOKUP (Nilai yang ingin Anda cari, lokasi data yang ingin anda cari, pada kolom berapa yang ingin anda tampilkan data, Pencocokan yang diindikasikan sebagai BENAR atau SALAH).

Video ini merupakan bagian dari tutorial untuk menampilkan fungsi VLOOKUP pada contoh membuat KWITANSI yang dapat dijadikan sebagai pedoman. Dan beberapa fungsi lain seperti IF, CONCATENATE, PROPER dan TEXT untuk memadukan beberapa kategory sesuai dengan format kwitansi.

Ini Rincian pada Fungsi VLOOKUP sebagai pedoman.

Fungsi VLOOKUP Excel

Ada Empat Kriteria rumus yang harus anda ikuti:

  1. Nilai yang Anda ingin mencari, juga disebut nilai lookup.
  2. Area dimana letak nilai lookup berada. Perlu diingat bahwa nilai lookup harus selalu berada dalam kolom pertama. Contoh, jika nilai lookup itu berada di sel C2 maka rentangnya harus mulai dengan C.
  3. Jumlah kolom dalam rentang tabel di isi dengan nomor pada posisi letak tabel yang keberapa. Contoh, jika Anda memulai dari B2: D11 sebagai jangkauan maka kolom pertama adalah pada kolm B, sedangkan kolom C sebagai sebagai kolom yang kedua dan seterusnya.
  4. Untuk kolom ini anda dapat menentukan TRUE (BENAR) atau FALSE (SALAH) atau memberikan keterangan catatan lain seperti pesan peringatan. Jika Anda tidak menentukan apa-apa maka nilai default akan selalu muncul sebagai data yang benar tanpa ada catatan.

Pada dasarnya rumus ini berfungsi untuk mengambil data secara vertikal dari sebuah data berdasarkan kolom cell. Untuk proses rumus ini harus didukung dengan membuat format data table sesuai dengan output yang di inginkan.

Pada umumnya lembar kerja excel untuk rumus yang ini outputnya sama tapi isi datanya berbeda-beda. Contohnya seperti format yang telah disebutkan di atas.

Demikian beberapa contoh Fungsi VLOOKUP yang dapat di contoh, semoga bermamfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published.