Perbandingan Nilai Dengan Data Bars

Membuat perbandingan nilai dengan data bars untuk mengetahui nilai tertinggi dan terendah dalam satu data cell. Dengan mewarnai keseluruhan cell jika itu nilai tertinggi dan separuh jika nilai rendah.

Skala warna yang muncul dapat membantu anda memahami distribusi dan variasi data. Seperti nilai penjualan dari waktu ke waktu atau realisasi anggaran antar instansi pemerintah. Cell menampilkan warna dengan gradasi dua atau tiga warna yang sesuai dengan batas minimum, titik tengah, dan ambang maksimum.

Membuat Data Bars untuk Perbandingkan Nilai

Menu data bars ini sangat cocok digunakan pada laporan penjualan. Anda dapat langsung melihat bulan mana yang memiliki realisasi penjualan terkecil, dan bulan mana yang memiliki realisasi penjualan tertinggi.

Juga pada laporan keuangan pemerintah yang dapat melihat langsung satuan kerja mana saja yang realisasi tertinggi dan terendah.

Berikut ini contoh gambar yang menampilkan 10 warna dengan Nilai yang berbeda.

Perbandingan Nilai Dengan Data Bars

Cara menggunakannya

Seperti terlihat pada gambar. Pilih kolom nilai yang ingin Anda format kemudian blok satu kolom data, klik Conditional Formatting di menu Ribbon tab Home.

Perbandingan Nilai Dengan Data BarsSilahkan pilih warna sesuai keinginan anda, atau bisa menggunakan warna lain dengan klik menu More Rules. Secara default, sel yang memegang nilai minimum (0 jika tidak ada nilai negatif) tidak memiliki bilah data dan sel yang memegang nilai maksimum (95) memiliki bilah data yang memenuhi keseluruhan sel. Semua sel lainnya diisi secara proporsional.

Jika hasilnya merasa sulit atau kurang menarik untuk melihat di mana ujung palangnya. Karena pewarnaan yang di bilah data, Anda dapat menghitamkan semua kolom dengan warna hitam kemudian mengubah font menjadi warna terang.

Dengan format tersebut dapat membantu Anda melihat jumlah yang lebih besar dan lebih kecil. Warna yang lebih panjang mewakili nilai yang lebih besar sedangkan bar yang lebih pendek mewakili nilai yang lebih kecil. Seperti yang terlihat pada gambar di atas perhitungannya terhitung dari nilai terbesar dan nilai terendah.

Format itu sama dengan menggunakan Sort & Filter, kalau dengan sort & filter dapat merubah kolom. Juga sama dengan menggunakan format CHARTS. (baca kegunaan sort & filter)

(baca juga fungsi  Conditional Formatting)

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published.