4 Cara Menggabungkan Nama Depan Dan Belakang Di Excel

Menggabungkan Nama Depan dan Belakang. Menggabungkan nama depan dan belakang sering untuk pengisian biodata, baik dalam bentuk mengikuti kegiatan maupun indentitas seseorang.

Semua format data indentitas pasti ada nama belakang, pada umumnya nama belakang itu nama orang tua laki-laki.

Apabila kita ingin mengisi data ke excel dapat mengurangkan satu beban kerja yaitu dapat memamfaatkan fungsi rumus untuk menggabungkan. Atau dapat menggabungkan untuk bentuk kolom nama lengkap di excel.

Bila kita ingin menggabungkan nama berdasarkan data yang sudah ada, ini sangat simple, tidak banyak menghabiskan waktu, langsung gunakan Fungsi di bawah ini. Mendapatkan hasil super cepat dan tidak akan salah apabila data pertamanya benar.

Dengan rumus memudahkan kita dalam mengolah data di excel. Bila ada yang mudah mamfaatkanlah, pekerjaan selesai tepat waktu dan meringankan beban teman yang akan verifikasi.

Cara ini sangat cocok untuk menambahkan nama orang tua dalam membuat sebuah biodata atau indentitas seseorang, karena tidak perlu ketik manual lagi.

Sering di gunakan dalam merekap curriculum vitae atau nama peserta untuk sebuah kegiatan. Bayangkan repotnya jika peserta banyak dengan mengetik secara manual.

Mamfaatkanlah segala fasilitas yang sudah tersedia di excel untuk memudahkan pekerjaan kita.

Mau cepat menggabungkan nama depan dan belakang?

Berikut ada 4 cara mudah menggabungkan nama depan dan belakang dengan menggunakan Rumus Excel yang sangat sederhana dan selesai secepat kilat.

4 Cara mudah menggabungkan nama depan dan belakang di Excel

Disini kita akan mencoba empat fungsi dalam menggabungkan nama, atau bisa juga menggabungkan kata dari beberapa kolom cell lain.

Karena tidak hanya untuk penggabungan nama saja, tapi fungsi umumnya adalah menggabungkan kata dari beberapa colom cell lain.

Berikut ini empat fungsi yang bisa anda coba praktekkan, di antara empat itu mungkin ada yang cocok dengan data yang sering anda kerjakan.

  1. Fungsi Concat
  2. Fungsi Ampersand
  3. Fungsi Textjoint
  4. Fungsi Flash Fill

Ke empat fungsi tersebut memiliki rumus yang beda, namun tujuan tetap sama. Silahkan mencoba ke empat tersebut karena akan dibutuhkan untuk proses data yang berbeda-beda.

1. Fungsi Concat

Fungsi concat untuk menggabungkan beberapa kata dari kolom cell yang berbeda. Fungsi ini untuk versi excel 2016, sedangkan versi sebelumnya menggunakan CONCATENATE.

Namun fungsi Concatenate tetap masih dapat digunakan, bila ingin mencoba silahkan baca tutorial Fungsi Concatenate di Excel

Rumus CONCAT sangat mudah digunakan, bisa lihat pada contoh gambar di bawah ini untuk menambahkan nama orang tua di belakang.

Ketik Rumus di kolom C2

=CONCAT(A2;” “;B2)

Kemudian enter.

Di antara tanda petik (“) spasi satu kali untuk memisahkan kata akhir pada kolom A dengan kata awal di kolom B.

Atau di antara kata petik bisa di isi seperti tanda (-/) atau tanda baca lainnya, misalnya seperti penggabungan tempat lahir dengan tanggal lahir.

Jika ingin mencoba silahkan baca juga cara Menggabungkan Tempat dan Tanggal Lahir.

Copy rumus tersebut pada kolom C2 dan paste di kolom berikutnya sampai selesai.

Jika menggunakan format table nama dengan Format as Table seperti gambar di atas? Nama dibawah itu akan muncul otomatis bersama dengan nama yang di isi rumus tadi.

Jadi otomatis muncul sendiri semua data yang lain untuk kolom selanjutnya, tidak perlu lagi copy paste rumus pada kolom C2. Cukup satu kali isi rumus, selanjutnya akan muncul otomatis.

Cara Menggunakan Format as Table

Blok semua kolom yang ada data

Kemudian klik menu Format as Table di Home

Silahkan pilih bentuk format yang anda inginkan

Klik Ok Create Table

Isi rumus seperti penjelasan di atas, begitu tekan enter langsung terisi semua nama yang akan di gabung.

Sangat mudah menggunakan formula CONCAT bila menggunakan Format as Table. Pekerjaan anda akan cepat selesai, dalam satu ketukan langsung muncul semua nama gabungan.

Selama data di kolom A dan B benar? Jangan diragukan lagi data gabungan tersebut, pasti hasil gabungan pada kolom C betul.

2. Fungsi Ampersand

Kalau penggabungan menggunakan Ampersand juga sangat mudah

Pada kolom C2 ketik rumus Ampersand

=A2&” “&B2

Kemudian enter

Untuk cell selanjutnya copy paste saja rumus tersebut

Satu spasi di antara tanda petik itu (” “) sama seperti fungsi pada nomor satu, masih bisa di isi kode tertentu.

Jika data anda mendukung untuk Format as Table seperti gambar di bawah ini silahkan menggunakannya, karena dengan format tersebut akan muncul otomatis data pada kolom di bawahnya seperti pada fungsi nomor 1.

Baca juga cara menggunakan Ampersand untuk Menggabungkan Teks Melebihi 255 Karakter dari kolom cell yang sudah duluan berisi data.

3. Fungsi Textjoint

Excel terus mengembangkan programnya untuk memudahkan pengguna dalam mengolah data. Texjoint salah satu pengembangan untuk menggabungkan data dalam kolom cell seperti nomor 1 dan nomor 2 di atas.

Namun Texjoint ini baru tersedia untuk excel yang 2019 keatas dan office 365. Kegunaannya lebih baik dari yang dua tersebut.

Fungsi TEXTJOIN untuk menggabungkan teks dari beberapa rentang dan/atau rangkaian, dan mengikut sertakan pembatas yang Anda tentukan di antara setiap nilai teks yang akan di gabungkan. Apabila pada pembatas adalah rangkaian teks kosong, fungsi itu akan secara efektif dapat di gabungkan.

Ini rumus Textjoint

=TEXTJOIN(” “;TRUE;A2:B2)

Gunakan format table yang sama seperti di atas agar sekali isi rumus langsung jadi semua. Itu bila table data anda memungkin menggunakan format , jika tidak silahkan isi manual dan copy paste pada kolom berikutnya.

Pada spasi antara tanda petik sama juga dengan fungsi di atas. Silahkan mamfaatkan untuk penggabungan pada tujuan yang berbeda.

4. Flash Fill

Penggabungan dari pengembangan baru ini lebih keren lagi, jauh lebih bagus dari yang tiga di atas. Sistemnya super cepat bagaikan kilat.

3 fungsi rumus di atas akan cepat prosesnya apabila menggunakan Format as Table, jika tidak pasti lambat karena harus copy paste rumus.

Tapi untuk Fungsi Flash Fill ini sangat cepat prosesnya tanpa menggunakan Format as Table. Ini sangat cocok dengan apapun jenis table data cell.

Kenapa keren Flash Fill ini? Karena dia bukan rumus, tapi fungsinya sama seperti tiga rumus yang di atas. Prosesnya cuma melaui keyboard dan menu yang ada di Home.

Menggunakan fungsi Flash Fill ada 2

  1. Menggunakan Keyboard
  2. Menggunakan menu Fill di Tab Home
  3. Ketik Manual Nama Lengkap Sebagai Contoh

Proses kedua itu cuma ketik manual satu gabungan nama pada kolom C, jangan menggunakan rumus apapun. Pengetikan nama bebas di kolom mana saja, asal berada di kolom gabungan nama seperti gambar di atas.

Setelah itu letakkan mouse di kolom C, juga bebas yang penting baris tersebut ada data nama yang akan di gabungkan.

Berikut 2 cara penggabungan nama menggunakan fungsi Flash Fill

1. Menggunakan Keyboard

Setelah ketik manual satu gabungan nama, kemudian enter. (Pastikan mouse berada dalam kolom C dan berada di baris yang akan di gabungkan namanya).

Setelah itu langsung tekan Ctrl+E di Keyboard

Hasilnya semua baris yang akan di gabungkan Namanya terisi otomatis dalam waktu nol detik. Bentuk tulisan juga akan mengikuti seperti yang di ketik manual tadi.

Bila ada hasil yang tidak sesuai atau tidak sama seperti yang kita inginkan? Hapus dulu Judul yang ada pada kolom C1. Karena bisa saja proses tadi mengikuti kata yang ada di judul, sebab dia mengikuti karakter kata yang ada paling atas, kecuali kolom judul diwarnai.

Setelah hapus silahkan tekan Ctrl+E, itu semua gabungan nama muncul seperti yang kita inginkan. Kalau muncul kata gabungan dari judul kolom A1 dan B1 pada kolom C1 tinggal hapus dan ketik judul kembali.

2. Menggunakan Menu Flash Fill di Tab Home

Cara yang kedua ini sama hasilnya seperti Ctrl+E, bila nanti tidak sesuai hapus dulu judul kolom pada C1 seperti cara pada nomor 1.

Caranya, setelah isi manual gabungan nama di kolom C2, Enter (posisi mouse berada pada kolom C di baris gabungan nama)

Setelah itu klik Menu Flash Fill

Baris pertama ada warna Biru, di bawahnya tidak ada warna, berarti ada perbedaan antara kolom judul dengan data penggabungan nama. Kalau seperti itu tidak perlu hapus judul pada kolom C1.

Perlu di hapus judul kolom jika terdapat persamaan antara kepala table dengan isi, karena sistem Fill bisa juga judul kolomnya di anggap target gabungan.

Di bawah ini hasil Menggunakan menu Flash Fill di Tab Home

Selesai prosesnya Menggunakan menu Flash Fill di Tab Home.

Kesimpulan menggunakan Fungsi Flash Fill adalah judul nama kolom harus beda tampilannya dengan isi data, agar Flash Fill dapat membedakan saat penggabungan kata dalam satu cell.

Jika tidak bisa di bedakan harus menghapus judul kolom sebelum proses Flash Fill, setelah itu ketik judul kembali.

Ketik Manual Nama Lengkap Sebagai Contoh

Maksud ketik manual nama lengkap sebagai contoh adalah di kolom C2 ketik nama yang ada pada kolom A2 dan B2 (gabungan manual).

Selanjutnya pada kolom C3 ketik lagi huruf awal saja yang ada pada kolom A3.

Secara otomatis nama huruf selanjutnya akan muncul sendiri mengikuti format yang kolom C2, dan nama yang ada pada kolom di bawahnya akan muncul seperti bayangan warna abu-abu. Seperti contoh gambar dibawah ini.

Lalu tekan enter

Secara otomatis nama gabungan yang lain muncul sendiri.

Cara itu boleh juga di lakukan jika anda suka.

Demikian 4 Cara mudah menggabungkan nama depan dan belakang dengan kelebihan masing-masing fungsi yang terdapat pada fasilitas excel.

Silahkan mencoba ke empat fungsi tersebut, karena setiap fungsi tersebut memiliki mamfaat pada formatnya sendiri. Gunakan pada tempatnya sendiri, karena formula itu di ciptakan dengan tujuan masing-masing.

Terima kasih atas waktunya, semoga artikel ini bermamfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.