Menandai Nilai Tertinggi dan Terendah

Fungsi Top/Bottom Rules di Excel adalah untuk menandai nilai tertinggi atau nilai terendah dalam satu format data di excel. Juga dapat menandai persentase, nilai dibawah atau diatas rata – rata.

Menggunakan fungsi Top/Bottom Rules tidak merubah posisi data. Dia hanya mewarnai saja nilai yang tertinggi atau terendah. Begitu juga pada nilai persentase yang paling tinggi atau paling rendah dan nilai rata – rata tertinggi atau terendah.

Cara biasanya untuk melihat nilai seperti itu adalah dengan menggunakan Sort & Filter. Fungsi Sort & Filter mengurutkan angka atau huruf berdasarkan kriteria. Format tersebut dapat merubah posisi data dari yang terbesar ke nilai yang paling rendah. (baca juga cara mengurutkan data dengan excel).

Mudah bagi siapapun untuk mengontrol tanpa menggangu database dan dapat di pahami oleh orang lain pada saat dilaporkan atau dipersentasikan.

Top/Bottom Rules terdiri dari:

  1. Top 10 Items : menandai yang di rankingĀ  di atas 10 item
  2. Top 10 % : menandai yang di rankingĀ  di atas 10%
  3. Bottom 10 items : menandai 10 item yang berada di tingkat paling bawah
  4. Bottom 10 % : menandai di bawah 10 item
  5. Above Average : menandai diatas rata – rata
  6. Below Average : menandai di bawah rata – rata

Caranya Menandai Nilai Tertinggi dan Terendah seperti gambar berikut:

Blok kolom dimaksud kemudian klik Conditional Formating pada Home di menu Bar.

Menandai Nilai Tertinggi dan Terendah

Ikuti nomor 1, 2 dan 3. Di kolom with pada gambar urutan 3 bisa memilih warna sesuai keinginan anda. Jika warna dalam format kurang menarik bisa memilih warna lain dengan menu Custom Format. Lakukan hal yang sama untuk menu pilihan lainnya.

Hasil ke enam item dalam format tersebut dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Nilai Tertinggi

Hasil tersebut menandai enam kolom warna sesuai pilihan nilai dari 10 item nilai tertinggi sampai item nilai rata – rata. Cocok untuk di gunakan pada segala data, baik di Sekolah atau Kantor juga untuk laporan Keuangan. Dengan tampilan tersebut siapa saja dapat memahaminya tanpa harus menghitung manual satu persatu yang belum tentu benar. Selamat mencoba semoga bermamfaat.

(baca juga fungsiĀ  Conditional Formatting)

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published.